Membuat Meta Tag Robots

Selain secara off-page, optimasi secara onpage juga harus diperhatikan. Namun, bagi blogger yang masih newbie, sebenarnya "saya" juga newbie sih, rata-rata belum mengenal meta tag ini, apalagi setiap kita ganti template (khususnya blogspot) kebanyakan memang tidak mencantumkan meta tag ke dalam script HTML-nya. Padahal, metatag ini sangat membantu (mengarahkan) mesin pencari (search engine) dalam merayapi situs/blog kita, karena fungsi utama dari metatag adalah memberikan ringkasan tentang suatu situs kepada search engine agar bisa mengetahui keberadaan suatu situs cukup dengan membaca ringkasannya (tanpa harus membaca seluruh entry datanya).rolleyes Dan menurut cerita, dengan metatag ini, berguna untuk mendongkrak SERP pengindeksan situs kita karena search engine dapat dengan mudah untuk merayapi situs kita.lol

Yah benar, seperti dugaan anda sebelumnya, meta tag tersebut adalah tag robots untuk search engine, atau lebih dikenal dengan sebutan meta spider. Karena, pada dasarnya suatu search engine dalam mengindeks halaman situs adalah dengan mengirimkan spider/robot mereka untuk mengidentifikasikan keberadaan halaman tersebut.wink Jumlah halaman yang diindeks adalah yang berhasil dirayapi/diizinkan untuk dirayapi robot-robot tersebut. Nah, jika anda menginginkan agar situs anda ditautkan semua halamannya, otomatis perlu memasang meta tag spider ini untuk memberikan akses penuh pada spider di setiap halaman situs anda. Atau, jika anda masih belum paham dengan metatag, silakan anda baca artikel mengenai "optimasi blog melalui metatag ini".

Nah, apaan sih metatagnya?? mrgreen Berikut ini adalah meta tagnya :
<meta content="INDEX, FOLLOW;" name="robots">
Keterangan :

* Jika konten anda tidak ingin diindeks karena memang suatu privasi yang dirahasiakan, maka ganti FOLLOW-nya dengan NOFOLLOW dan INDEX diganti dengan NOINDEX, sehingga search engine tidak akan bisa mencari/merayapinya. Tapi tenang, situs anda masih bisa diakses jika dibrowse melalui URL-nya secara langsung.

Nah, ngerti kan? Lalu berikut cara meletakkan meta tag itu :
  1. Login dulu ke account blogger kamu.
  2. Dari halaman dashboard, pilih Layout/Tata Letak, pilih Edit HTML.
  3. Copy script meta tag tadi di bawah (letaknya ada pada script paling atas).
  4. Jangan lupa Save setelah menambahkan meta tag tersebut.
Well done.. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan selamat mencoba !!!
Jika ada yang mau ditanyakan, form komentar sudah siap di bawah..mrgreen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Pengikut

ALL TUTORIAL BLOG

Informasi Baru
Cara Membuat Scroll Bar. Tulisan Berjalan di Addressbar.
Menghilangkan Angka Label.
Cara Hack Chip Zynga.
Membuat GIF Untuk Banner.
Membuat Read more Otomatis.
SEO Blogger/Blogspot Template. Curi Password Flash disk. Cara Buat Title Header Bergerak. Cara Membuat Letak Background Di Kotak Comment. Cara Membuat Menambah Jumlah Yang Di Batasi. Cara Membuat Memasang Widget Sms Gratis. Cara Membuat cursor Pada Blog. Membuat Domain Gratis di CO.CC. Membuat Next Page judul Postingan. Next Page Hanya Judul Postingan. Cara Membuat Efek Heart(Hati). Cara Memasang Meta tag. Cara Membuat meta tag di blog. Cara Membuat Icon,GIF, Flash. Cara Membuat Flash. Cara Membuat Menu Melayang. Cara Membuat Label Berputar. Cara Mengganti Icon Bloger. Cara Membuat Template. Menambah dua kolom dibawah/diatas post body. Cara Membuat Menu Tab View. Safware Pengelola Blog.

Archives